Jumat, 20 September 2013

TENTANG ENERGI TERBARUKAN

    Energi terbarukan atau yang biasa disebut renewable energi Energi terbarukan merupakan alternatif penyediaan dan pemanfaatan energi yang aman, efisien, bersih, dan berkesinam-bungan (sustainable).Energi terbarukan merupakan alternative yang paling efektif dalam menghadapi krisis energi yang terjadi di dunia. Negara-negara maju telah lama mengembangkan energi ini dikarenakan memang kebutuhan manusia terhadap energi semakin lama semakin meningkat. Indonesia sebagai Negara berkembang juga mulai gencar-gencarnya mengembangkan energi terbarukan.
Beberapa tujuan program aksi pemerintah mengembangkan energi terbarukan, antara lain:
•    Upaya untuk menjaga keberlanjutan fiskal dan menurunkan subsidi Energi, pemerintah melaksanakan Program Percepatan Penyediaan dan Pemanfaatan Energi Alternatif (salah satunya adalah Energi Terbarukan)
•    Pemanfaatan Teknologi baru dalam Penyediaan dan Pemanfaatan Energi Terbarukan akan meningkatkan ketersediaan energi alternatif bagi masyarakat.
•    Penyediaan dan Pemanfaatan Energi Terbarukan memerlukan sosialisasi yang intensif kepada seluruh lapisan masyarakat.
•    Penyediaan dan Pemanfaatan Energi Terbarukan harus memperhatikan pula kemungkinan pengembangan bisnis agar kegiatan dapat berjalan melalui mekanisme pasar.
Dengan adanya program aksi pemerintah, diperlukan konsep pengembangan energi terbarukan agar di masa yang akan datang Indonesia dapat tetap memenuhi konsumsi energi nasional apabila cadangan energi fosil telah habis.
Beberapa usulan konsep untuk pengembangan energi terbarukan, antara lain:
•    Diperlukan sebuah analisis pemetaan, pengkajian dan pengembangan potensi energi terbarukan di setiap wilayah Indonesia. (Analilis: jenis, kualitas dan kuantitas energi, serta pemilihan sektor konsumsi energi yang paling tepat)
•    Pembangunan daerah disesuaikan dengan kondisi sumber energi terbarukan yang tersedia dalam wilayah terdekat
•    Mengoptimalkan penggunaan energi terbarukan untuk kebutuhan energi secara local untuk mencapai Otonomi sumber energi
Semakin sadarnya pemerintah yang ditunjang dengan kesadaran dan pemahaman rakyat terhadap pentingnya energi terbarukan, semoga di masa yang akan datang Indonesia secepatnya dapat mencapai kemandirian energi nasional dari renewable energi ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More