Jumat, 20 September 2013

PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA MIKRO HIDRO

Secara terminogy, mikro berrti kecil dan hidro adalah air. Maka dari itu Pembangkit listrik tenaga mikro hidro adalah istilah yang digunakan untuk instalasi pembangkit listrik yang mengunakan energi air dengan kapasitas daya yang dibangkitkan dari 10kW hingga 500 kW. Kondisi air yang bisa dimanfaatkan sebagai sumber daya (resources) penghasil listrik adalah memiliki kapasitas aliran dan ketinggian tertentu. Beda ketinggian daerah aliran sampai ke instalasi dikenal dengan istilah head.
Komponen-komponen pembangkit listrik mikro hidro yaitu :
1.       Diversion Weir dan Intake (Dam/Bendungan Pengalih dan Intake)
Dam pengalih berfungsi untuk mengalihkan air melalui sebuah pembuka di bagian sisi sungai (‘Intake’ pembuka) ke dalamsebuah bak pengendap (Settling Basin).

2.       Settling Basin (Bak Pengendap)

Bak pengendap digunakan untuk memindahkan partikel-partikel pasir dari air. Fungsi dari bak pengendap adalah sangat penting untuk melindungi komponen-komponen berikutnya dari dampak pasir.
3.       Headrace (Saluran Pembawa)
Saluran pembawa mengikuti kontur dari sisi bukit untuk menjaga elevasi dari air yang disalurkan. 

4.       Headtank (Bak Penenang)
Fungsi dari bak penenang adalah untuk mengatur perbedaan keluaran air antara sebuah penstock dan headrace, dan untuk pemisahan akhir kotoran dalam air seperti pasir, kayu-kayuan. 

5.       Penstock (Pipa Pesat/Penstock)
Penstock dihubungkan pada sebuah elevasi yang lebih rendah ke sebuah roda air, dikenal sebagai sebuah Turbin. 

6.       Turbine dan Generator (Turbin dan Generator)
Air yang memiliki beda ketinggian akan mengalir ke turbin dengan debit tertentu. Putaran turbin ini kemudian dihubungkan ke generator untuk mengkonversi energy mekanik menjadi energy listrik yang akan masuk ke sistem kontrol arus listrik sebelum dialirkan ke rumah-rumah atau keperluan lainnya (beban).  Turbin atau generator biasanya ditempatkan di sebuah ruang sendiri yang juga dilengkapi system control sehingga memudahkan dalam pengoperasian dan perawatan. Tempat ini biasa disebut rumah turbin.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More