Jumat, 20 September 2013

HYDRO ENERGY


Pembangkit hidro adalah pembangkit listrik yang memanfaatkan energi air untuk menghasilkan listrik. Energi mekanik yang dihasilkan turbin berasal dari energi kinetik air. Turbin yang digunakan memiliki jenis yang berbeda-beda, antara lain crossflow, pelton, francise. Turbin yang berputar akan dihubungkan pada generator dan menghasilkan energi listrik. Pembangkit listrik tenaga air dapat dibedakan menjadi beberapa tipe menurut daya yang dihasilkan :
1. MINIHYDRO
Pembangkit listrik minihidro adalah pembangkit listrik tenaga air yang kapasitas daya terbangkitkannya hanya berkisar 500kW hingga 1MW. Teknologi yang digunakan sudah mengaplikasikan teknologi PLTA skala besar.
2. MIKROHIDRO
Mikrohidro adalah istilah yang digunakan untuk instalasi pembangkit listrik yang mengunakan energi air dengan kapasitas daya yang dibangkitkan dari 10kW hingga 500 kW. Mikrohidro memiliki tiga komponen utama yaitu air (sumber energi), turbin dan generator. Air yang mengalir dengan kapasitas tertentu disalurkan clan ketinggian tertentu menuju rumah instalasi (rumah turbin). Turbin akan menerima energi kinetik dari air dan mengubahnya menjadi energi mekanik untuk memutar generator.
3. PICOHYDRO
Pikohidro tidak berbeda jauh dengan mikrohiro, keduanya hanya dibedakan dari kapasitas daya yang dibangkitkannya. Pikohidro hanya membangkitkan listrik hingga sebesar 10kW. Teknologi yang digunakan juga lebih sederhana jika dibandingkan dengan mikrohidro. Pembangkit listrik pikohidro tidak memerlukan bangunan khusus sebagai rumah pembangkit. Generator dan turbinnya biasanya dibuat dalam satu kesatuan untuk memudahkannya dipindah-pindah. Turbin yang digunakan juga tidak banyak pilihan. Biasanya digunakan tipe crossflow atau propeler. Pemilihan turbin jenis ini adalah hanya karena pertimbangan kesederhanaan dan keekonomiannya
pada bidang energi terbarukan, pembangkit tenaga air yang pada umumnya banyak dikembangkan yaitu mikrohidro. Mikrohidro juga dikenal sebagai white resources (Energi Putih) karena instalasi pembangkit listrik seperti ini mengunakan sumber daya yang telah disediakan oleh alam dan ramah lingkungan.





0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More